Dari Perbudakan Mesir Menuju Tanah Perjanjian

Rute Perjalanan Orang Yahudi Dari Mesir Menuju Tanah Kanaan
Setelah tulah yang ke-10 yaitu kematian anak pertama Mesir, akhirnya Firaun mau membebaskan orang-orang Israel. Namun tidak lama setelah itu dia berubah pikiran dan mengejar mereka sampai di Laut Merah. Laut Merah terbelah dua lalu orang-orang Israel berhasil menyebrang sementara pasukan Mesir tenggelam di dalam laut.

Para peneliti menyatakan bahwa ada bekas terjadinya tsunami di Laut Merah. Jadi, bisa jadi fenomena laut terbelah dua adalah suatu peristiwa tsunami. Perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba akan mengakibatkan air laut menjadi menjadi surut, tak lama setelah itu gelombang besar dengan kecepatan 500 - 1000 km/jam bergerak mencapai wilayah daratan. Dengan tenaga yang sebesar itu, tsunami bisa menyapu bangunan.

Perjalanan bangsa Israel menuju Tanah Kanaan memakan waktu 40 tahun lamanya. Walaupun seperti yang dapat dilihat pada peta, perjalanan tersebut bisa ditempuh dalam waktu yang jauh lebih singkat, mungkin sekitar 40 hari. Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah mereka adalah kalau kita tidak setia pada YHWH, hidup kita akan dibawa berputar-putar sampai kita bertobat.

Musa sendiri tidak diizinkan YHWH untuk memasuki Tanah Perjanjian tersebut. Musa meninggal di Gunung Nebo, dataran Moab, tepi timur Sungai Yordan.

Comments

Popular posts from this blog

Domba Yang Tersesat

Musa Menerima Hukum Taurat di Gunung Sinai