Golden Gate, Pintu Gerbang yang Tertutup

Golden Gate
(sumber: http://www.templemount.org)
Golden Gate adalah salah satu pintu gerbang pada Kota Tua Yerusalem dan satu-satunya pintu gerbang yang ditutup sehingga tidak bisa menjadi akses keluar masuk Kota Tua.

Sultan Suleiman (Ottoman) sengaja menutup pintu gerbang ini dan membuat area kuburan di bagian luarnya dengan keyakinan bahwa sang pendahulu Mesias (yaitu Elia yang merupakan keturunan imam Harun) tidak bisa masuk melalui pintu ini sebab imam Yahudi tidak boleh memasuki area kuburan karena dianggap najis. Jika pendahulu Mesias tidak datang, maka Sang Mesias pun tidak akan datang.

Orang Yahudi percaya bahwa Mesias yang mereka tunggu akan datang dari gerbang ini sesuai dengan yang tertulis di Kitab Suci.

Sementara menurut ajaran Kristen, 2000 tahun yang lalu, Yohanes Pembaptis (Roh Elia ada padanya) telah mempersiapkan jalan untuk kedatangan Yeshua (Mesias). Mesias sudah datang dan sudah masuk melalui pintu gerbang ini.

Sejak ditutup oleh Sultan Suleiman pada tahun 1541, hingga hari ini pintu tersebut tidak pernah dibuka. Dengan demikian genaplah nubuat Yehezkiel.

Yehezkiel 44: 1-3
Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu gerbang luar dari tempat kudus, yang menghadap ke timur; gerbang ini tertutup. Lalu TUHAN berfirman kepadaku: "Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan jangan seorang pun masuk dari situ, sebah TUHAN, Allah Israel, sudah masuk melaluinya; karena itu gerbang itu harus tetap tertutup. Hanya raja itu, oleh karena ia raja boleh duduk di sana makan santapan di hadapan TUHAN. Raja itu akan masuk melalui balai gerbang dan akan keluar dari situ."

Comments

Popular posts from this blog

Domba Yang Tersesat

Dari Perbudakan Mesir Menuju Tanah Perjanjian

Musa Menerima Hukum Taurat di Gunung Sinai