Replacement Theology


Penganut teologi ini mengatakan bahwa Gereja sudah menggantikan bangsa Israel dan mereka menyebut diri mereka sebagai Israel rohani. NGACO! Mana ada Israel rohani (terlalu ngarang itu) dan Gereja tidak akan pernah menggantikan bangsa Israel. Israel adalah Israel dan Gereja adalah Gereja.

Israel dan Gereja adalah 2 entitas yang berbeda. Israel adalah orang-orang dari garis keturunan Yakub. Sementara Gereja adalah orang-orang dari berbagai suku bangsa yang percaya Yesus sebagai Mesias.

Wahyu 7: 4 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: 144.000 yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

Jika memang Gereja menggantikan Israel, bagaimana gereja membagi jemaatnya menjadi 12 suku? Tidak pernah ada kejadian seperti itu. Seandainya seseorang pindah keyakinan menjadi Yudaisme, tidak akan membuatnya menjadi orang Yahudi karena dia tidak memiliki hubungan darah dengan keturunan Yakub.

Dalam Alkitab, bangsa-bangsa lain (Inggris: gentiles, Ibrani: goyim) adalah bangsa-bangsa non-Yahudi alias orang kafir.

Kita (goyim) telah diundang masuk ke dalam Kerajaan Allah yaitu sebagai cabang yang dicangkokkan kepada pohon zaitun sejati (Roma 11:24).

Setelah orang-orang Kudus dari goyim sudah genap jumlahnya, maka Mesias akan datang (Roma 11:25-26, Wahyu 6:9-11)

Comments

Popular posts from this blog

Domba Yang Tersesat

Dari Perbudakan Mesir Menuju Tanah Perjanjian

Musa Menerima Hukum Taurat di Gunung Sinai